Selamat Datang di Blog Meliana
Home » » BUDAYA MELAYU RIAU TINGKAT SMP/SEDERAJAT 3

BUDAYA MELAYU RIAU TINGKAT SMP/SEDERAJAT 3


PEMETAAN DAN STANDAR ISI


MATA PELAJARAN      : BUDAYA  MELAYU
KELAS/SEMESTER      : VIII / II
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR

Tahap
Berpikir

INDIKATOR

Tahap
Berpikir

MATERI
POKOK
               RUANG

ALOKASI
WAKTU
1
2
3
4

KESENIAN
3. Mengapresiasi dan   
    berkreasi kesenian
    Melayu Riau











































3.3  Mengidentifikasi jenis karya seni
       rupa daerah Riau.





3.4. Mengekspresikan karya seni  
       Ragam hias Melayu Riau.




3.5. Mendeskripsikan jenis kerajinan    
       tangan masyarakat Riau.








3.6. Berkreasi kerajinan tangan.












C 1






C 1/ P 2




    
  C 2









P 2












-          Mnyebutkan Jenis karya seni rupa daerah Riau
-          Mengidentifikasi karya seni rupa daerah riau
-          Mempraktekkan karya seni rupa yang berasal dari daerah riau

-          Menyebutkan ragam hias Melayu Riau
-          Menjelaskan ragam hias Melayu Riau
-          Menerapkan dalam kehidupan sehari-hari
-          Mengkatagorikan  kerajinan tangan masyarakata Riau
-          Menyebutkan daerah asal kerajinan yang telah dikatagorikan
-           menyebutkan alat-alat yang dipakai untuk membuat kerajinan masyarakat Riau
-          Menjelaskan bahan bahan yang digunakan dalam kerajinan masyarakat Riau
-          Membuat kerajinan tangan Melayu Riau daerah setempat
-          Menilai kerajinan tangatn Melayu Riau yang telah dibuat











C 1

C 1

P 2


C 1

C 2

C 3

C 2

C 1

C 1


C 2


P 2

















Jenis karya seni rupa daerah Riau





Ragam hias Melayu Riau




Kerajinan Tangan Masyarakat Riau








Praktek membuat Kerajanan Tangan Melayu Riau




















































































 4X40 Menit






2X40 Menit





4X40 Menit









4X40 Menit















  
SILABUS


Satuan Pendidikan    : SMP/Sederajat
Mata Pelajaran      : Muatan Lokal ( Budaya Melayu Riau )
Kelas / Semester    : VIII/II
Standar Kompetensi   : 1. Mengapresiasi dan berkreasi kesenian Melayu Riau    

Kompetensi Dasar
Materi pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan Belajar
KESENIAN
3.3. Mengidentifikasi   
      jenis karya seni
       rupa daerah Riau.







3.4. Mengekspresikan    
       karya seni  ragam  
       hias Melayu   
       Riau.




3.5. Mendeskripsikan   
       jenis kerajinan    
       tangan  
       masyarakat Riau.









3.6. Berkreasi   
       kerajinan tangan.













3.3.1.Jenis karya seni rupa daerah Riau









3.3.2.Ragam hias Melayu Riau






3.3.3.Kerajinan Tangan Masyarakat Riau











3.3.4.Praktek membuat Kerajanan Tangan Melayu Riau

















Peserta didik Mengidentifikasi   jenis karya seni
rupa daerah Riau








Peserta didik mengekspresikan  
 karya seni   Ragam hias  
 Melayu  Riau





Peserta didik mampu mengkatagorikan kerajinan     tangan masyarakat    Riau.












Peserta didik mampu mengapresiasi dan   
berkreasi kerajinan tangan
Melayu Riau















-       -Menyebutkan jenis karya   seni rupa daerah Riau
- Mengidentifikasi karya 
 seni rupa daerah riau
-Mempraktekkan karya 
seni rupa yang berasal 
dari daerah riau



- Menyebutkan ragam  
  hias Melayu Riau
-Menjelaskan ragam hias 
  Melayu Riau
-Menerapkan dalam
  kehidupan sehari-hari


-Mengkatagorikan  kerajinan tangan masyarakata Riau
-Menyebutkan daerah asal kerajinan tangan yang telah dikatagorikan
- menyebutkan alat-alat yang dipakai untuk membuat kerajinan masyarakat Riau



-Menjelaskan bahan bahan yang digunakan dalam kerajinan masyarakat Riau


-Membuat kerajinan tangan Melayu Riau daerah setempat
-Menilai kerajinan tangan Melayu Riau








Lisan





Praktek






Tes tertulis









Tes tertulis


Lisan











Unjuk kerja




















4 x 40 menit












2 x 40 menit









4 x 40 menit














4 x 40 menit




















Buku-buku Ragam Budaya Melayu Riau yang relevan














                                                                                                                                                                                                                                                Pekanbaru, .........................
Mengetahui,
                                                          Kepala Sekolah                                                                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran




 TAHAPAN BERPIKIR  BERDASARKAN TAXANOMY  BLOOM

 Kata Kerja Operasional Ranah Kognitif

Pengetahuan
Pemahaman
Penerapan
Analisis
Sintesis
Penilaian
Mengutip
Menyebutkan
Menjelaskan
Menggambar
Membilang
Mengidentifikasi
Mendaftar
Menunjukkan
Memberi label
Memberi indeks
Memasangkan
Menamai
Menandai
Membaca
Menyadari
Menghafal
Meniru
Mencatat
Mengulang
Mereproduksi
Meninjau
Memilih
Menyatakan
Mempelajari
Mentabulasi
Memberi kode
Menelusuri
Menulis
Memperkirakan
Menjelaskan
Mengkategorikan
Mencirikan
Merinci
Mengasosiasikan
Membandingkan
Menghitung
Mengkontraskan
Mengubah
Mempertahankan
Menguraikan
Menjalin
Membedakan
Mendiskusikan
Menggali
Mencontohkan
Menerangkan
Mengemukakan
Mempolakan
Memperluas
Menyimpulkan
Meramalkan
Merangkum
Menjabarkan

Menugaskan
Mengurutkan
Menentukan
Menerapkan
Menyesuaikan
Mengkalkulasi
Memodifikasi
Mengklasifikasi
Menghitung
Membangun
Membiasakan
Mencegah
Menentukan
Menggambarkan
Menggunakan
Menilai
Melatih
Menggali
Mengemukakan
Mengadaptasi
Menyelidiki
Mengoperasikan
Mempersoalkan
Mengkonsepkan
Melaksanakan
Meramalkan
Memproduksi
Memproses
Mengaitkan
Menyusun
Mensimulasikan
Memecahkan
Melakukan
Mentabulasi
Memproses
Meramalkan
Menganalisis
Mengaudit
Memecahkan
Menegaskan
Mendeteksi
Mendiagnosis
Menyeleksi
Merinci
Menominasikan
Mendiagramkan
Megkorelasikan
Merasionalkan
Menguji
Mencerahkan
Menjelajah
Membagankan
Menyimpulkan
Menemukan
Menelaah
Memaksimalkan
Memerintahkan
Mengedit
Mengaitkan
Memilih
Mengukur
Melatih
Mentransfer
Mengabstraksi
Mengatur
Menganimasi
Mengumpulkan
Mengkategorikan
Mengkode
Mengombinasikan
Menyusun
Mengarang
Membangun
Menanggulangi
Menghubungkan
Menciptakan
Mengkreasikan
Mengoreksi
Merancang
Merencanakan
Mendikte
Meningkatkan
Memperjelas
Memfasilitasi
Membentuk
Merumuskan
Menggeneralisasi
Menggabungkan
Memadukan
Membatas
Mereparasi
Menampilkan
Menyiapkan Memproduksi
Merangkum
Merekonstruksi

Membandingkan
Menyimpulkan
Menilai
Mengarahkan
Mengkritik
Menimbang
Memutuskan
Memisahkan
Memprediksi
Memperjelas
Menugaskan
Menafsirkan
Mempertahankan
Memerinci
Mengukur
Merangkum
Membuktikan
Memvalidasi
Mengetes
Mendukung
Memilih
Memproyeksikan




Kata Kerja Operasional Ranah Afektif

Menerima
Menanggapi
Menilai
Mengelola
Menghayati
Memilih
Mempertanyakan
Mengikuti
Memberi
Menganut
Mematuhi
Meminati

Menjawab
Membantu
Mengajukan
Mengompromikan
Menyenangi
Menyambut
Mendukung
Menyetujui
Menampilkan
Melaporkan
Memilih
Mengatakan
Memilah
Menolak
Mengasumsikan
Meyakini
Melengkapi
Meyakinkan
Memperjelas
Memprakarsai
Mengimani
Mengundang
Menggabungkan
Mengusulkan
Menekankan
Menyumbang
Menganut
Mengubah
Menata
Mengklasifikasikan
Mengombinasikan
Mempertahankan
Membangun
Membentuk pendapat
Memadukan
Mengelola
Menegosiasi
Merembuk
Mengubah perilaku
Berakhlak mulia
Mempengaruhi
Mendengarkan
Mengkualifikasi
Melayani
Menunjukkan
Membuktikan
Memecahkan

 Kata Kerja Operasional  Ranah Psikomotorik
Menirukan
Memanipulasi
Pengalamiahan
Artikulasi
Mengaktifkan
Menyesuaikan
Menggabungkan
Melamar
Mengatur
Mengumpulkan
Menimbang
Memperkecil
Membangun
Mengubah
Membersihkan
Memposisikan
Mengonstruksi
Mengoreksi
Mendemonstrasikan
Merancang
Memilah
Melatih
Memperbaiki
Mengidentifikasikan
Mengisi
Menempatkan
Membuat
Memanipulasi
Mereparasi
Mencampur
Mengalihkan
Menggantikan
Memutar
Mengirim
Memindahkan
Mendorong
Menarik
Memproduksi
Mencampur
Mengoperasikan
Mengemas
Membungkus

Mengalihkan
Mempertajam
Membentuk
Memadankan
Menggunakan
Memulai
Menyetir
Menjeniskan
Menempel
Menseketsa
Melonggarkan
Menimbang


                                             
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan Klik Disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Putri Pakning

0 komentar:

Posting Komentar

 
My Blog : Coretan Seorang Gadis Melayu | Coret Digital | HC Pakning
Copyright © 2011. Blog Meliana Meldi - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger